Pondok Kelinci LuMut

Dikelola oleh VYKHRAN RABBIT FARM (kelinci pedaging dan hias)
Alamat peternakan di depan PKM Sukomoro Ds. Bulu Kec. Sukomoro Kab. Magetan-JATIM, Hp. 085726374838 Email. pondokvykhran@gmail.com
Melayani penjualan kelinci hidup pedaging & hias, tempat pakan (tanah liat), botol minum.

Selasa, 10 Januari 2012

Sifat dan Karakter Kelinci

Setiap makhluk hidup memiliki sifat dan karakter yang berbeda satu sama lain. Begitu juga dengan hewan, dalam hal ini yang saya maksudkan adalah KELINCI. Berikut ini beberapa sifat dan karakter kelinci.
a. Aktif pada malam hari
Kelinci termasuk hewan yang lebih banyak beraktivitas pada malam hari (nocturnal). Di alam bebas, kelinci mencari makanan pada sore hingga malam harinya. Pada pagi hingga siang harinya, kelinci lebih banyak menggunakannya untuk beristirahat dan tidur. Sifat ini juga terlihat pada kelinci yang diternakkan atau dikandangkan.
b. Jarang menggigit manusia
Kelinci merupakan hewan yang bersahabat, kecuali jika merasa terancam maka dia akan melakukan pembelaan diri.
c. Responsif terhadap makanan
Kelinci tergolong hewan yang rakus makan. Hewan ini seperti tidak mengenal kata kenyang. Namun, hati-hatilah dalam memberi makan kelinci. Jangan sembarangan, karena bisa jadi makanan yang anda berikan justru membahayakan kelinci kesayangan anda.
 
d. Suka hidup bergerombol
Kelinci memiliki kebiasaan hidup bergerombol, baik di alam bebas maupun di dalam kandang. Kebiasaan hidup seperti ini berlangsung sejak masih bayi hingga dewasa. Kalaupun memisahkan diri, sifatnya hanya sementara. Misalnya ketika mencari atau menemukan makanan. Setelah itu, mereka akan berkumpul dan berdempetan kembali







e. Menyukai tempat sejuk
Pada dasarnya, semua jenis kelinci menyukai tempat yang sejuk. Di tempat dengan suhu 15 - 20C, kelinci bisa hidup nyaman dan tumbuh optimal. Walaupun sebenarnya di tempat panas kelinci masih bisa hidup, namun efeknya kelinci mudah stres, bulu cepat rontok, nafsu makan berkurang dan pastinya kurang nyaman bagi diri kelinci.
f. Kadang suka memangsa sesamanya
Tahukah anda, sebenarnya kelinci tergolong hewan kanibal. Umumnya, kelinci yang masih kecil sering menjadi sasaran kelinci indukan. Hal ini kemungkinan terjadi akibat telat memberi makan kelinci atau asupan makanannya kurang terpenuhi. Bisa juga kebiasaan kanibal ini muncul akibat terlalu protektifnya sang induk terhadap anak-anaknya. Namun, selama hal tersebut dapat dihindari, kemungkinan terjadinya kanibal pada kelinci tidak akan terjadi.

Semoga ilmu yang sedikit tersebut dapat bermanfaat buat kamu kawan.........

Sumber : Buku "Agar Kelinci Hias Tampil Menawan" oleh Nuning Priyatna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar