Pondok Kelinci LuMut

Dikelola oleh VYKHRAN RABBIT FARM (kelinci pedaging dan hias)
Alamat peternakan di depan PKM Sukomoro Ds. Bulu Kec. Sukomoro Kab. Magetan-JATIM, Hp. 085726374838 Email. pondokvykhran@gmail.com
Melayani penjualan kelinci hidup pedaging & hias, tempat pakan (tanah liat), botol minum.

Rabu, 25 Januari 2012

Keunggulan Beternak Kelinci


Keunggulan dari beternak kelinci, yaitu :
  1. Kelinci memiliki ukuran tubuh kecil  yang mengarah pada pemanfaatan ruang yang efisien. 
  2. Budidaya kelinci bisa sebagai komersil (sebagai pendapatan) atau sebagai penyalur hobi semata.
  3. Tidak ada persaingan dengan makanan manusia berbeda dengan Unggas. 
  4. Awal kelinci siap kawin ketika berumur 5-6 bulan, ini adalah waktu yang sangat pendek jika di banding dengan ternak yang lain, dan setelah itu bisa beranak lagi setiap 2 bulan.
  5. Tingkat produktifitas yang sangat tinggi yakni 5-10 ekor dalam setiap periode kehamilan yang pendek.
  6. Kelinci mudah berkembang biak dengan hanya hijauan yang ada di sekitar kita seperti rumput, rambanan, dll. Dan sayuran sisa dari pasar seperti wortel, kangkung, sawi, tomat dll.
  7. Dapat di kembangkan sebagai agro sekutu pertanian ( Bahasa jawa = di sambi ) dan tak ada persyaratan khusus tenaga kerja terampil untuk memeliharanya.
  8. Masa kehamilan untuk kelinci hanya 30-32 hari sedang masa menyusuinya 25-30 hari, dan setelah itu bisa di kawinkan lagi. Kelinci bisa melahirkan setiap 60 hari dengan jumlah 5-10 anak setiap kelahirannya, jadi ini adalah reproduksi yang sangat cepat.
  9. Dalam waktu 3 bulan anak kelinci mampu mencapai berat 2 - 2.5 kg.
  10. Daging kelinci di identifikasikan sebagai daging yang paling bergizi karena dagingnya berwarna putih, rendah kolesterol dan berprotein tinggi. Jadi apabila sering menkonsumsi akan memberikan manfaat kesehatan pada tubuh kita.
  11. Daging dan bulunya sangat di cari orang karena berbagai alasan, sedang kotoran dan urinnya sangat berguna untuk petani sebagai pupuk tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar